SHOW AGNEZMO SEPI PENONTON??? ATAU "SI MIMIN" KESEPIAN KARENA TIDAK MENONTON PENAMPILAN SPEKTAKULER AGNEZMO???

Oleh : JRagansan Purba

     Lagi, lagi dan lagi, pembodohan dan kebohongan publik oleh portal berita online yang cukup ternama melalui publikasi informasi yang provokatif dan tidak sesuai fakta terulang kembali. Tak jelas jenis penyakit atau sindrom apa yang tengah diderita oleh "Si Mimin" (Red : penulis berita, admin atau kontributor) portal berita online tersebut, sehingga dengan gamblang dan sepertinya kehilangan akal sehat yang membuatnya merasa tidak berdosa untuk menyajikan berita yang terkesan sangat mengada-ada dan tidak sesuai dengan fakta. Apapun alasannya, pemberitaan yang tidak faktual sangat bertentangan dengan etika dan kaidah publikasi informasi pada media apapun. Coba bayangkan realita media saat ini, berita yang disampaikan sesuai dengan fakta saja dapat menimbulkan kontroversi di kalangan masyarakat, apalagi berita yang jelas-jelas bertentangan dengan fakta tentunya akan menimbulkan gejolak di kalangan orang-orang yang dengan jelas mengetahui fakta yang sebenarnya. Sungguh ironis dan patut dipertanyakan kompetensi dan kapabilitas “Si Mimin” yang sepertinya menyelipkan tendensi negatif dengan menyajikan berita dari pengamatan secara subjektif. One more time, I have to give you know about this, sebuah media harus memberikan informasi secara netral, objektif dan tidak dipengaruhi oleh kepentingan pribadi atau golongan tertentu yang secara sengaja maupun tidak sengaja dapat merugikan berbagai pihak dalam pemberitaan yang disampaikan. Dear Mimin, I think our mother teach us to speak the truth in our whole life, do it honestly, coz God records everything you say.

"Kejujuran hanya datang dari orang-orang yang bersih hatinya, dan pintu surga terbuka baginya.
Tapi dusta datang dari orang-orang yang licik hatinya, dan pintu neraka datang  menghampirinya"



AgnezMo, superstar Indonesia yang nama besarnya kini telah mendunia berkat kerja keras dan prestasi yang sangat cemerlang seakan tak pernah luput dari perhatian dan perbincangan media, baik media lokal Indonesia maupun media internasional. Ibarat bintang yang tak pernah redup, eksistensi dan pamornya yang semakin menanjak seolah menjadi topik yang selalu hangat untuk dibahas. Mari kita cermati ironi pemberitaan beberapa media tentang pelantun Matahariku tersebut yang beberapa waktu lalu tampil memukau dalam konser Java Jazz Festival (JJF) di Jakarta. Jika konten berita media internasional selalu membuat decak kagum para pembacanya karena dengan sangat objektif dan positif membuat dan menyampaikan berita tentang penyanyi kebanggaan Indonesia pemilik album "Whadd Up A!" tersebut menuju kancah musik dunia,  justru sangat jauh berbanding terbalik dengan beberapa media di Indonesia yang sepertinya merasa berat untuk berlapang dada mengakui kesuksesan karir internasional kepala sekolah ajang pencarian bakat NEZ ACADEMY tersebut. Menilik kondisi ini dengan cermat, maka tak heran jika tanpa kita sadari telah tumbuh sebuah budaya di dalam masyarakat Indonesia yang secara tidak langsung menabur benih karakter dan pola pikir Senang melihat orang susah, dan susah untuk melihat orang senang”. Apakah Indonesia bisa maju jika generasi muda diracuni dengan paradigma negatif melalui pemberitaan yang tidak mendidik? Think again and pray for the future of Indonesian young generation.      

“Orang lain membicarakan banyak hal yang sama sekali tidak mereka ketahui tentang dirimu,
Sehingga mereka lupa untuk memperbaiki betapa buruk diri mereka sendiri”.



Setelah pemberitaan provokatif dengan topik saltum alias salah kostum yang beberapa waktu lalu kerap ditujukan kepada penyanyi multitalenta yang selalu tampil enerjik di atas panggung bersama grup dance Nezindahood tersebut sempat hangat diperbincangkan, kini “berita yang dimiringkan” kembali muncul dengan menyatakan bahwa penampilan AgnezMo yang dipadati oleh penonton pada konser JJF yang digelar pada tanggal 2 Maret 2014 lalu justru dikabarkan sepi penonton. Sungguh menjadi tanda tanya besar entah apa yang mendasari “Si Mimin” pada portal berita online tersebut, sehingga terlihat seperti ingin menyudutkan pemilik produk parfum berlabel AgnezReve tersebut dengan membuat pernyataan bahwa penyanyi bersuara merdu yang meliuk-liuk menyanyikan lagu His Eyes is on the Sparrow pada konser tersebut diisukan sepi penonton. Kemunculan berita tersebut tentu ramai diperbincangkan dan tak pelak membuat gerah berbagai kalangan, terutama beberapa fans AgnezMo yang jelas-jelas berada diantara padatnya keramaian penonton untuk menyaksikan secara langsung penampilan spektakuler sang Diva dengan lagu, musik dan koreografi  yang luar biasa. Mungkin saja berita yang dimiringkan dengan mengusung headline yang seolah dipaksakan dan terbilang tidak ber-etika tersebut sengaja dibuat untuk menarik perhatian pembaca, atau justru “Si Mimin” yang kesepian karena tidak menonton penampilan spektakuler AgnezMo pada konser JJF tersebut. Hal itu terbukti dari tidak adanya dokumentasi faktual yang dilampirkan oleh portal berita online tersebut sebagai bukti konkrit atas pernyataan sepi penonton yang mereka beritakan. Dear Mimin, God loves you and will forgive you, but there’s a time for a judgemnet day for what you’ve done.

“Orang bijak berpikir cerdas atas apa yang hendak ia ucapkan, 
tetapi orang bodoh mengucapkan perkataan yang tak pernah ia pikirkan”.  


            Terlepas dari apapun alasan yang mendasari pemberitaan bernuansa negatif atas topik yang disampaikan oleh beberapa media akhir-akhir ini, sudah seharusnya setiap media bertindak profesional dengan mengerahkan tim editor dan tim verifikasi data yang handal, sehingga topik berita dan data yang diangkat dan dipublikasi tidak menjadi bahan propaganda di kalangan masyarakat pembaca. Perlu kita sadari bersama bahwa media informasi harus menjadi bagian dari jendela pengetahuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, bukan menjadi lahan adu domba yang merusak moral generasi muda.


"Lidah orang bijak mendatangkan sukacita,
tetapi lidah orang fasik membawa celaka"
(JRagansan Purba) 

Comments

Popular posts from this blog

NEZINDACLUB “KEKUATAN BESAR DI BALIK KESUKSESAN AGNEZMO”

Kemerdekaan Fashion “Budaya Timur” Seorang Agnez Mo

100 DAILY VITAMIN FOR YOURSELF (Part I - 30 Hari)