NETMEDIA “REVOLUSI EDUKASI STASIUN TV BERKUALITAS”



Oleh : J-Ragansan Purba

       Era baru program televisi berkualitas telah dimulai. Sejak peluncuran perdananya melalui konser megah berkelas yang menghadirkan artis-artis papan atas Internasional seperti Taio Crus, Agnez Mo, dan Carly Rae Japsen serta artis tanah air pada tanggal 26 Mei 2013 lalu menandai lahirnya sebuah stasiun televisi yang kini membawa perubahan besar dan terobosan baru dalam industri pertelevisian Indonesia, NET, Televisi Masa Kini. Hadir dengan program-program berkualitas yang tidak hanya menghibur, informasi yang disajikan juga sangat ditekankan pada fokus pengetahuan dan wawasan yang sangat mendidik bagi semua kalangan, baik untuk orang dewasa maupun anak-anak. Maka tak heran jika kehadirannya yang walaupun belum genap berusia satu tahun sudah begitu melekat di hati masyarakat faNETisme (NET Lover) yang benar-benar sadar akan kebutuhan informasi berkualitas dan aspek edukasi dari media televisi. To be honest, now NET is the most educated and qualified tv station in Indonesia, it’s a really big achievement in less than one year of its age. 

       Menilik fenomena dan fakta dunia penyiaran dan pertelevisian, dapat dikatakan bahwa hampir semua orang di dunia pasti tak pernah lepas dari siaran televisi setiap hari, termasuk di Indonesia. Korupsi, tindak kejahatan, acara “komedi bullying” yang tak jelas letak kelucuannya, serta sinetron perselingkuhan yang penuh dendam dan adu domba, itulah pemberitaan dan konten utama yang menjadi santapan jutaan pasang mata yang tak pernah ketinggalan di berbagai media televisi dari dulu hingga saat ini, khususnya di Indonesia. Kepentingan politik atau golongan tertentu pun seakan memiliki kuasa yang berusaha untuk menggiring penontonnya dengan cara-cara yang tidak demokratif dan konten yang terkadang provokatif. Bahkan yang lebih ironis lagi, informasi yang terlalu didramatisir tak jarang membuat sebuah persepsi publik yang lebih buruk dari fakta yang sebenarnya. Apakah mental ratusan juta penduduk Indonesia hanya dibangun dengan hal-hal seperti itu?. Apakah tidak ada materi informasi lain yang lebih positif untuk membangun mental dan wawasan para pemirsanya?. Maka tak heran jika banyak tindak kejahatan masyarakat dengan motif kriminalisme yang sama seperti apa yang sering mereka lihat di televisi. Ironis bukan?. What you do is the part of what you see, and what you say is the part of what you hear. So, what things do you wanna see and hear? Switch your channel to NET, if you are “normal”, sure you will love it. 

       Kehadiran NET yang ditunggangi oleh seorang Maestro di industri pertelevisian Indonesia yang sudah tidak diragukan lagi kualitasnya, Bpk. Wishnutama, dengan kecerdasannya berupaya untuk memberikan suguhan  dengan citarasa baru yang dikemas dengan kreatif dan inovatif, juga tentunya sangat edukatif bagi pemirsa tanah air. Terlepas dari apa yang menjadi visi dan misi yang dicanangkan oleh manajemen NETMEDIA, tak bisa dipungkiri jika berbagai acara dan program yang ditayangkan benar-benar terlihat sangat mengedepankan nilai-nilai sosial yang positif dan mendidik, tentunya juga menghibur. Ini merupakan revolusi besar untuk menjawab ironi industri pertelevisian Indonesia saat ini yang terbilang “suram”. Dear all good people, when you know that something goes wrong, you have to know how to make it right.   

       Here we go, berikut ini merupakan beberapa program atau acara yang ditayangkan oleh NET yang jika dinilai secara objektif, hampir semuanya tergolong ke dalam kelompok “menu makanan sehat dan bergizi” bagi siapapun yang menikmatinya. Dari sekian banyak program tersebut, mari kita lihat beberapa diantaranya, let’s check these out. 
 
1. NET 5 – NET 12 – NET 24
       Program berita yang hadir pada pagi, siang dan malan hari ini benar-benar sangat special dan patut diacungi jempol. Hadir dengan informasi serta penyajian narasi berita yang sangat netral membuat program berita ini sangat layak untuk ditonton dan dapat dijadikan sebagai referensi update informasi skala nasional maupun berita internasional. Melalui program berita ini sangat terlihat jika NET benar-benar membuat garis batas toleransi yang sangat jelas untuk tetap berada pada koridor etika pemberitaan yang benar. One step ahead, NET berani berbeda di tengah maraknya program-program berita di berbagai stasiun televisi di Indonesia dengan penyajian yang terkadang terasa “lebih panas” dari fakta yang sebenarnya. 


2. INDONESIA MORNING SHOW
       Ibarat sebuah keluarga bahagia yang sedang bersantai di pagi hari sambil minum kopi, membaca koran dan saling bertukar informasi, seperti itulah kesan saat menyaksikan saluran informasi dan berita yang hadir menemami pemirsa hingga tiga jam di pagi hari. Informasi yang segar dan penyajian yang ringan menimbulkan suasana kekeluargaan yang tentu dapat termanifestasi bagi pemirsa di rumah yang sedang berkumpul bersama keluarga. Selain berita-berita terpilih dan berkualitas dari skala nasional dan mancanegara, sesi “Todays History” dari program ini merupakan salah satu nilai lebih untuk menyampaikan informasi sejarah dan tokoh-tokoh penting dari seluruh penjuru dunia yang menyumbangkan andil besar dalam sejarah dunia di bidang apapun. Satu hal lagi, adanya sesi kuliner menu makanan yang tidak hanya lezat, tetapi harus sehat dan bergizi juga bernilai positif bagi pemirsa. Dengan menyuguhkan cara memasak dengan bahan-bahan dan teknik yang sederhana tentu akan memudahkan bagi siapapun pemirsa yang ingin mencobanya. Its means that now watching is learning. 


3. INDONESIA BAGUS
“Indonesia tanah air beta, pusaka abadi nan jaya
Indonesia sejak dulu kala, s’lalu dipuja-puja bangsa.
Di sana tempat lahir beta, dibuai dibesarkan bunda
Tempat berlindung di hari tua, sampai akhir menutup mata”

       Bayangkan jika Anda sedang menyanyikan lagu tersebut sambil menghayati liriknya dengan perasaan bangga sebagai bangsa Indonesia, maka perasaan yang timbul itulah yang menjadi pesan yang ingin disampaikan melalui program tersebut. Mengangkat kebudayaan dan kekayaan tanah air tercinta, “Indonesia Bagus” berusaha untuk mengobarkan kembali api kecintaan dan kebanggaan terhadap bangsa, serta tetap bersyukur bahwa kita terlahir sebagai putra-putri Indonesia tercinta dengan kekayaan alam yang melimpah luar biasa. 


4. SATU INDONESIA
       Mengangkat kisah tokoh yang berjasa dalam membangun Indonesia serta sosok inspiratif yang membawa pengaruh dan dampak positif bagi masyarakat, itulah pesan moral yang menjadi dasar untuk mengupas kisah hidup dan perjuangan para tokoh yang memiliki jasa yang besar bagi bangsa. Terlepas dari “hitam putih” kisah hidup para tokoh yang diangkat, perjuangan mereka adalah sesuatu yang patut kita hargai dan dapat menjadi pembelajaran bagi kita untuk berbenah diri. Program yang mengupas sisi kehidupan tokoh secara positif, secara tidak langsung ikut mengajak dan mengajarkan pemirsa untuk dapat melihat dan menilai orang lain dengan paradigma yang positif. 


5. NEZ ACADEMY
       Nez Academy, sebuah ajang pencarian bakat yang menjadi sekolah untuk mendidik dan mengajar putra-putri Indonesia yang bertalenta dengan kurikulum yang seharusnya dipelajari untuk mengembangkan diri menjadi entertainer yang sesungguhnya. Dengan mengusung konsep yang benar-benar berbeda dengan kebanyakan ajang pencarian bakat lainnya, konsep program ini terbilang original buatan Indonesia. 
[Baca selengkapnya : NEZ ACADEMY ORIGINALLY MADE IN INDONESIA http://djunaragansan.blogspot.com/2013/12/nez-academy-originally-made-in-indonesia.html)


6. SARAH SECHAN
       Gaul, heboh dan humoris, itulah ciri khas yang membuat presenter kece Sarah Sechan yang selalu terlihat begitu asik membawakan sebuah acara talkshow dengan nama yang sama dengan nama Ibunda dari Rajata tersebut (*efek terlalu sering menyebut nama anaknya ketika sedang mewawancari bintang tamunya). Dengan menghadirkan beberapa bintang tamu yang berbeda pada beberapa segmen membuat acara ini lebih berwarna dengan informasi yang variatif dari masing-masing bintang tamu yang diundang. Proses interaksi dan gaya wawancara yang begitu unik dan menarik, “lebay sesuai standar, tidak berlebih”, memberi nuansa tersendiri yang membuat tetap betah untuk menyaksikan dan menikmati setiap wawancara yang dilakukan. Berbeda dengan kebanyakan acara talkshow yang pada umumnya hanya menghadirkan bintang tamu dari kalangan artis yang hanya mengupas kehidupan pribadi yang tidak layak untuk dipublikasi, misalnya kasus perceraian, penganiayaan, atau perselingkuhan dan berita miring lainnya, justru Sarah Sechan menghadirkan bintang tamu dari semua kalangan yang berprestasi di bidang apapun serta memiliki nilai-nilai inspiratif yang layak untuk dibagikan kepada penonton. Dengan mengutamakan sisi positif dari kehidupan bintang tamu yang diundang, acara ini berhasil menghadirkan orang-orang berkualitas dan berprestasi mulai dari anak-anak hingga orang dewasa dari seluruh nusantara bahkan mancanegara, misalnya kehadiran personil boyband fenomenal Westlife, Shane Filand. Sejauh ini, Sarah Sechan merupakan acara talkshow yang paling mendidik dan paling layak untuk ditonton oleh anak-anak.
     
     
7. E-NEWS
       “Semuanya berdasarkan fakta, no gossip”. Inilah program infotainment pertama dan satu-satunya di Indonesia yang mengabarkan informasi tentang dunia entertainment berdasarkan fakta tanpa gossip. Jika kebanyakan program berita infotainment “dipaksa” dibuat semenarik mungkin untuk menarik perhatian dan mengolah emosi pemirsa dengan menambahkan “bumbu-bumbu penyedap” yang berbahaya, program E-NEWS justru hadir dengan menyuguhkan “rasa asli” dari fakta yang sebenarnya. Mari kita kaji dengan cermat, banyak program infotainment yang dari awal hingga akhir tahun hanya fokus pada pemberitaan tentang “selebriti abal-abal” bermasalah dengan berbagai intrik dan setting-an yang sama sekali tidak ada manfaatnya untuk diberitakan dan tidak layak untuk diperhatikan. Berbeda 180 derajat dengan kondisi tersebut, justru NET menghadirkan program infotainment yang lebih fokus menyampaikan informasi secara netral tentang hal-hal positif dari kehidupan pelaku seni yang memang layak untuk disampaikan. Presenter yang sesekali atau bahkan kerap menyelipkan percakapan atau conversation yang sederhana dalam bahasa Inggris menjadi nilai lebih dari program ini, karena secara tidak langsung para pemirsa juga akan berusaha untuk mengerti, dan ini adalah proses pembelajaran otomatis yang sederhana, tapi besar manfaatnya.


8. MUSIC EVERYWHERE
       Musik adalah seni dan musik adalah ilmu, musik adalah untaian nada-nada indah dari hasil pemikiran dan perasaan yang luar biasa. Program yang menghadirkan musik dan musisi berkualitas dengan mengedepankan ilmu dan seni bermusik yang sesungguhnya memang ada di sini, “Music Everywhere”. Ini memang bukan program musik pertama dan satu-satunya di Indonesia, tapi ini merupakan program musik pertama dan satu-satunya yang benar-benar berkualitas dengan menyajikan seni musik yang sebenarnya, mengingat hampir semua program musik di stasiun televisi Indonesia sudah terbalik menjadi acara komedi atau lenong yang diselingi dengan musik. 


9. THE COMMENT
       “Sikat miring, sundul sayang, kecup manja”, sebuah trend yang menjadi fenomena yang dipopulerkan oleh dua host yang tidak ingin terkenal, Danang dan Darto. Sebuah program hiburan yang menampilkan video-video unik dengan komentar-komentar unik dari dua komentator yang unik pula. Dengan ciri khas berpakaian rapi dengan mengenakan jas layaknya karyawan kantoran, dua host gokil siap berkomentar dengan celoteh dan humor berkelas. Jika dibandingkan dengan acara komedi pada umumnya, program ini dapat dikategorikan sebagai acara komedi berkualitas yang dapat membuat tertawa para pemirsa tanpa harus mem-bully, tanpa harus melumuri tepung satu sama lain dan tanpa harus menyiksa dengan properti-properti yang katanya tidak berbahaya. “Kalau ga sanggup, ya sanggupin”.


10. INTERNATIONAL EVENTS AND MUSIC AWARDS
      American Music Awards, Grammy Awards, MTV Video Music Awards dan beberapa event musik dan ajang penghargaan internasional lainnya untuk pertama kalinya ditayangkan di stasiun televisi Indonesia berkat kehadiran NET. Dengan menayangkan ulang acara Rerun yang hanya berselang beberapa hari dari acara Live-nya, NET patut diacungi jempol untuk hal yang satu ini. Jika dulu para pemirsa hanya dapat menyaksikan acara penghargaan dan event musik internasional melalui livestreaming atau harus mengunduh di situs YouTube, sekarang telah dapat disaksikan di NET dengan kualitas gambar yang luar biasa.


       Itu hanya beberapa dari sekian banyak program-program berkualitas yang ditayangkan oleh NET, yang lain diantaranya ada D’SIGN, I LOOK, WE SING FOR YOU dan berbagai acara menarik lainnya. Berdasarkan review dan uraian singkat terhadap beberapa program acara tersebut dapat terlihat jelas jika NETMEDIA benar-benar fokus melangkah untuk menjadi saluran Televisi Masa Kini yang berkualitas, inovatif dan edukatif. That’s why I am become one of the biggest faNETisme to write this article.


Note : Artikel review ini saya tulis berdasarkan hasil riset literatur dengan menganalisis opini publik dan komentar-komentar masyarakat tentang NET pada beberapa situs online dan social media serta penilaian pribadi yang murni secara objektif sebagai pemirsa atau penonton pada umumnya.


"Kesalahan terbesar umat manusia adalah saat mengetahui hal yang baik, tapi tidak melakukannya"
(JRagansan Purba)
 

Comments

Popular posts from this blog

NEZINDACLUB “KEKUATAN BESAR DI BALIK KESUKSESAN AGNEZMO”

Kemerdekaan Fashion “Budaya Timur” Seorang Agnez Mo

100 DAILY VITAMIN FOR YOURSELF (Part I - 30 Hari)